Latar Belakang Yayasan Citra Cemara​

劲松基金会

Yayasan Citra Cemara didirikan pada tahun 1993, dan yayasan peduli dengan pendidikan dan mempunyai impian anak-anak Indonesia dapat tumbuh menjadi manusia yang tangguh menghadapi era persaingan global. Diawali dengan taman kanak-kanak dan kursus bahasa Tionghoa , kemudian dilanjutkan dengan pendirian SD Citra Cemara pada tahun 2006, SMP Citra Cemara pada tahun 2013, terus berkesinambungan hingga didirikannya SMA Citra Cemara pada tahun 2017.

Sejak awal Yayasan Citra Cemara berpedoman pada pembauran semua masyarakat Indonesia, semua suku maupun agama yang ada di negara ini: mulai dari keturunan Tionghoa, Sunda, Jawa, Padang, Batak sampai Papua. Mulai dari Kristen, Katolik, Islam, Hindu, Budha, KongHucu sampai Penghayat. Semua bisa berkumpul, berkolaborasi, belajar bersama dalam suasana yang menyenangkan.

Salah satu keunggulan sekolah-sekolah Yayasan Citra Cemara adalah penggunaan sistem tri-lingual: bahasa Indonesia, Tionghoa dan Inggris sebagai bahasa sehari-hari agar nantinya anak-anak didik kita siap bergaul, bekerja, berbisnis secara internasional. Kita juga sudah mempunyai ijin resmi dari Dinas Pendidikan untuk pendidikan dengan sistem tiga bahasa ini.

Selain itu, sekolah-sekolah Citra Cemara juga menyediakan berbagai kegiatan ekstra kurikuler agar anak-anak didik dapat lebih mengembangkan minat dan bakatnya. Mulai dari kepramukaan, basket, karate, musik, science, robotic sampai kelas debat.

Tujuan Yayasan Citra Cemara bukan sekedar melahirkan lulusan-lulusan dibekali dengan berbagai ilmu pengetahuan dan menguasai multi bahasa, tetapi menjadi manusia yang berbudi pekerti, yang dapat menghargai orang lain dengan segala perbedaan. Manusia yang mengerti tanggung jawab dan kewajiban, serta menjunjung tinggi nilai-nilai kebangsaan dan kemanusiaan. Dengan kata lain, menjadi manusia yang seutuhnya.

Seiring dengan perkembangan dunia, dimana peran negara Tiongkok semakin besar seiring dengan kemajuan ekonominya, para pendiri Yayasan Citra Cemara melihat akan semakin dibutuhkannya penguasaan bahasa Tionghoa terutama dalam bidang pekerjaan dan bisnis. Untuk menjawab kebutuhan ini maka didirikanlah Akademi Bahasa Asing Internasional pada tahun 2004.

Akademi Bahasa Asing Internasional menyediakan pendidikan spesifik Bahasa Tionghoa , mahasiswanya belajar secara intensif 3 tahun, lulusannya bergelar D3. Demi kualitas lulusan terbaik dalam penguasaan bahasa, Akademi Bahasa Asing Internasional mendatangkan tenaga-tenaga ahli dalam bidang bahasa dan menjalin kerjasama dengan universitas-universitas ternama di Tiongkok seperti Xiamen University, Capital Normal University, Hebei University. Akademi Bahasa Asing Internasional telah membuktikan kualitasnya dengan lulusannya telah menguasai lisan maupun tulisan dalam Bahasa Tionghoa secara lancar dan lulusannya terserap 100% di berbagai bidang profesi sejak awal didirikan hingga sekarang.