KEGIATAN BIMTEK (BIMBINGAN TEKNIS) KEPALA SEKOLAH IKM (IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA) TINGKAT SMP
Tanggal Posting : 06 Jun 2022
Kegiatan diprakarsai oleh FKKS (Forum Komunikasi Kepala Sekolah Swasta) Kota Bandung. Terselenggara berkat kerjasama dengan P4TK (Pusat Pengembangan & Pemberdayaan Pendidik & Tenaga Kependidikan) TK & PLB Kemendikbudristek. Kegiatan bertempat di Gedung P4TK TK & PLB Jalan Dr. Cipto No. 9 Bandung. Kegiatan berlangsung selama 3 hari penuh (3 s.d. 5 Juni 2022).
Bapak Max Muljanto Suherlim,S.Pd,M.M. selaku Kepala SMP Citra Cemara Bandung mengikuti kegiatan Bimtek IKM gelombang 8 ini yang dikhususkan bagi para kepala sekolah. Kegiatan dimulai pada Jumat,3 Juni 2022 pada pukul 08.00, dihadiri 120 Kepala Sekolah yang terbagi dalam 5 Kelas (A s.d. E). Materi-materi Bimtek yang disampaikan di antaranya :
1. Konsep Kurikulum Merdeka
2. Prinsip Pembelajaran & Assesmen
3. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (PPP)
4. Pemahaman Capaian Pembelajaran (CP)
5. Penyusunan Tujuan Pembelajaran (TP) & Alur Tujuan Pembelajaran
(ATP)
6. Perancangan Modul Ajar
7. Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP)
8. Platform Merdeka Belajar
9. Perencanaan Berbasis Data Di Satuan Pendidikan
10. Profil & Rapor Pendidikan
11. Transformasi Sekolah dan Pendidikan Daerah dalam Kerangka Merdeka
Belajar
12. Proses Perencanaan Program dan Anggaran Pendidikan Daerah
Dalam Bimtek IKM khusus Kepala Sekolah ini kami pun mengerjakan 4 LK (Lembar Kerja) dan 1 RTL (Rencana Tindak Lanjut). Kegiatan Bimtek dimulai dengan pre test dan akhir kegiatan pun diakhiri dengan post test. Pembukaan kegiatan Bimtek dibuka oleh Kadisdik Kota Bandung pada pukul 08.00 Jumat, 3 Juni 2022. Sedangkan penutupan kegiatan ditutup oleh Kabid PPSMP pada pukul 15.30 Minggu, 5 Juni 2022. Harapan dari kegiatan bimtek ini agar terjadi kegiatan diseminasi kepada guru-guru di sekolah terutama berkenaan dengan IKM pada tahun pelajaran depan.
Kami tampilkan beberapa foto kegiatan berkenaan dengan Bimtek Implementasi Kurikulum Merdeka bagi kepala sekolah ini :