KEGIATAN EXPO P5 SMA CITRA CEMARA
(PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA)
SENIN,18 NOVEMBER 2024
Tanggal Posting : 07 Dec 2024
Mulai Kamis,31 Oktober s.d. Jumat, 15 November 2024, SMA Citra Cemara melaksanakan pembelajaran Kokurikuler P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila). Kegiatan pembelajaran ini akan diikuti oleh para siswa kelas X danXI Tahun Pelajaran 2024/2025. Kegiatan P5 ini didasarkan pada Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dari Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) Kemendikbudristek, P5 dalam Kurikulum Merdeka adalah projek lintas disiplin ilmu yang kontekstual dan berbasis pada kebutuhan masyarakat maupun berbasis masalah di lingkungan sekolah.
Sebelum kehadiran P5, Ki Hajar Dewantara sudah menekankan pentingnya siswa belajar di luar kelas. Kini, projek penguatan profil mendorong siswa jadi pembelajar sepanjang hayat yang kompeten, berkarakter, dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila;
memberi kesempatan bagi siswa untuk mengalami pengetahuan sambil menguatkan karakter dan belajar dari lingkungan sekitar; serta menginspirasi siswa untuk berkontribusi bagi lingkungan sekitar.
P5 secara keseluruhan memiliki manfaat bagi peserta didik, pendidik, maupun satuan pendidikan. Berikut manfaatnya:
a. Manfaat P5 bagi Peserta Didik
1. Memperkuat karakter dan mengembangkan kompetensi sebagai warga
dunia yang aktif.
2. Berpartisipasi merencanakan pembelajaran secara aktif dan berkelanjutan.
3. Mengembangkan keterampilan, sikap, dan pengetahuan yang dibutuhkan
dalam mengerjakan proyek pada periode waktu tertentu.
4. Melatih kemampuan pemecahan masalah dalam beragam situasi belajar.
5. Memperlihatkan tanggung jawab dan kepedulian terhadap isu di sekitar
mereka sebagai salah satu bentuk hasil belajar.
6. Menghargai proses belajar dan bangga dengan hasil pencapaian yang telah
diupayakan secara optimal.
b. Manfaat P5 bagi Pendidik
1. Memberi ruang dan waktu untuk peserta didik mengembangkan kompetensi
dan memperkuat karakter dan Profil Pelajar Pancasila.
2. Merencanakan proses pembelajaran projek dengan tujuan akhir yang jelas.
3. Mengembangkan kompetensi sebagai pendidik yang terbuka untuk
berkolaborasi dengan pendidik dari mata pelajaran lain untuk memperkaya
hasil pembelajaran
c. Manfaat P5 bagi Satuan Pendidikan
1. Menjadikan satuan pendidikan sebagai sebuah ekosistem yang terbuka
untuk partisipasi dan keterlibatan masyarakat.
2. Menjadikan satuan pendidikan sebagai organisasi pembelajaran yang
berkontribusi kepada lingkungan dan komunitas di sekitarnya.
Prinsip P5 :
Dalam penerapan P5 Kurikulum Merdeka, terdapat empat prinsip penting. Penjelasannya adalah sebagai berikut:
1. Holistik
Holistik berarti melihat sesuatu dengan menyeluruh dan utuh serta tidak parsial atau terpisah-pisah. Dalam P5, cara berpikir holistik ini berguna dalam menelaah sebuah tema secara utuh dan melihat isu secara lebih dalam.
2. Kontekstual
Prinsip kontekstual ini mendorong guru dan pelajar untuk menjadikan lingkungan sekitar dan realitas kehidupan sehari-hari sebagai bahan utama pembelajaran. Dengan prinsip ini, pelajar diharapkan bisa mengeksplorasi berbagai hal di luar lingkup satuan pendidikan.
3. Berfokus pada Peserta Didik
Prinsip ini artinya berpusat pada peserta didik berkaitan dengan skema pembelajaran sehingga diharapkan dapat mendorong pelajar menjadi subjek pembelajaran yang aktif mengelola proses belajarnya secara mandiri.
4. Eksploratif
Eksploratif berkaitan semangat untuk membuka ruang yang lebar bagi proses inkuiri dan pengembangan diri. Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila tidak berada dalam struktur intrakurikuler yang terkait dengan berbagai skema formal pengaturan mata pelajaran.
Kegiatan P5 :
Begini gambaran kegiatan P5 dalam Kurikulum Merdeka:
1. Kegiatan kokurikuler berbasis projek
2. Projek merupakan serangkaian kegiatan untuk mencapai tujuan tertentu
dengan menelaah sebuah tema menantang
3. Projek dirancang agar siswa bisa melakukan investigasi, memecahkan
masalah, dan mengambil keputusan, kemudian menghasilkan aksi/produk
pada periode waktu yang dijadwalkan
4. Kegiatan dirancang untuk menguatkan usaha pencapaian kompetensi dan
karakter sesuai profil Pelajar Pancasila
5. Kegiatan fleksibel dalam hal muatan, pelaksanaan kegiatan, serta waktu
pelaksanaannya.
6. Tujuan, muatan, dan kegiatannya tidak harus berkaitan dengan tujuan dan
materi pelajaran intrakurikuler.
7. Sekolah bisa melibatkan masyarakat dan atau dunia kerja untuk
merancang atau menyelenggarakannya
SMA Citra Cemara lewat Wakasek Kurikulum yang menjadi Koordinator kegiatan P5 telah Menyusun 2 modul ajar yang berkaitantema-tema yang diambil sebagai bentui penyelenggaraan P5 bagi kelas X dan Kelas XI. Adapun dua tema yang saling terkait adalah :
a. Tema 1 : Gaya Hidup Berkelanjutan
Tema ini mengajak para peserta didik untuk sadar akan dampak dari aktivitas manusia, baik jangka pendek maupun panjang, terhadap lingkungan dan keberlangsungan hidup di sekitarnya.
b. Tema 2 : Bhinneka Tunggal Ika
Tema ini mengajak peserta didik untuk mampu menghormati keberagaman di Nusantara. Tema ini juga mendorong peserta didik untuk berpikir kritis akan stereotip negatif terkait suatu golongan.
Setelah kedua tema dijadilan sebagai arah dan petunjuk pelaksanaan
projek yang dikerjakan para siswa kelas X dan XI. Akhirnya sampailah pada
EXPO P5 (Pameran P5) yang diselenggarakan pada Senin,18 November 2024
bertempat di Aula Lantai 3 Gedung SMA Cita Cemara
Demikian, kegiatan EXPO P5 sebagai kegiatan puncak dan penutupan. Tak ayal lagi, kegiatan ini mendapat sambutan dan antusiasme yang luar biasa. Apresiasi disampaikan mulai dari tamu undangan yakni siswa-siswi SMP YWKA, siswa-siswa SMP Damian School, Siswa-siswi kelas VIII SMP Citra Cemara, Para orang tua/wali siswa kelas X & XI, dan para guru sebagai fasilitator P5. Semuanya takjub pada penampilan yang luar biasa dari para siswa kelas X dan XI.
Para siswa kelas X dan XI manampilan tarian & lagu-lagu daerah.Mereka dilengkapi dengan pakaian tradisional daerah-daerah nusantara. Didukung sepenuhnya olehpara guru yang berpakian tradisioanl pula. Tak lupa, kegiatan P5 ini didukung dan dilengkapkan dengan makanan-makanan khas kedaerahan yang dapat dinikmati bersama. Expo P5 kali ini adalah yang ketiga kali untuk kelas XI, sedangkan untuk kelas X pertama kalinya. Semoga, kegiatan P5 kali ini menunjukkan kemandirian siswa dalam melaksanakan pembelajaran kokurikuler berbasis Projek.